Dasar2 Belajar Menjahit Dengan Tangan - KURSUS MENJAHIT ONLINE

Wednesday, August 30, 2017

Dasar2 Belajar Menjahit Dengan Tangan

Dasar2 Belajar Menjahit Dengan Tangan


Ini adalah tutorial dasar2 belajar menjahit dengan tangan.
Sebelum menjahit, pastikan Anda menyiapkan alat dan bahannya terlebih dahulu.
dasar2 belajar menjahit dengan tangan
alat alat jahit


  • Benang Gunting.
  • Jarum jahit.
  • Dan kain 2 lembar.


Disini saya menggunakan kain perca sebagai praktek saja. Dua buah kain itu berbeda warna agar tidak menimbulkan kebingungan seperti itu.
dasar2 belajar menjahit dengan tangan

Berikut ini keterangannya:

Langkah 1: Ambil benang 50cm dan Potong
Mulailah dengan mengurai benang dari spul. Anda boleh memakai lebih dari 50cm. Setelah itu, potong dari spul dengan gunting.

Langkah 2: Memasukkan benang ke jarum Masukkan benang ke lubang jarum, Jika sulit untuk memasukkannya, anda bisa menggunakan “mata Nenek”. Ini juga membantu memastikan benang memiliki ujung yang bersih dan tidak berbulu, dengan memotongnya dengan gunting tajam. dan lipat benang menjadi dua. Pastikan kedua ujung benang saling menempel lalu ikat.
dasar2 belajar menjahit dengan tangan
dasar2 belajar menjahit dengan tangan

Langkah 3: Mulai Menjahit Sebelum menjahit, Anda perlu mengikat ujung benang. Ikat minimal 2-3 kali jadi kuat. Sekarang mulai menjahit. Dorong jarum melalui tempat Anda ingin mulai menjahit, tapi tidak tepat di tepi, setidaknya satu sentimeter jauhnya. Tarik benang sampai simpul menyentuh kain.

Langkah 4: Teruskan menjahit Tusukkan kembali jarum pada kain. Beri jarak setidaknya setengah sentimeter dan tarik jarum sampai full/stop. * Jika benang habis di jarum, pastikan ada sisa benang, jangan mepet pada lobang jarum, beri jarak dan potong lalu ikat simpul untuk mematikan jahitan. Ulangi langkah 1-3. *

Langkah 5: Mengikat Simpul Akhir Bila jahitan telah selesai, maka ikat simpul diakhir benang.
dasar2belajarmenjahitdengantangan

Langkah 6: Final Cut Setelah mengikat simpul, potong benang tapi jangan terlalu dekat dengan simpulnya karena bisa lepas simpulnya.

Sekarang Anda telah selesai menjahit dan balikkan kainnya untuk melihat seberapa baik tampilannya. Seharusnya tidak ada benang yang terlihat sehingga bisa terlihat profesional.

Tips menjahit: Saat memilih benang, cobalah pilih warna benang se-persis mungkin dengan warna kain agar terlihat sama, dan warna benang hampir tidak terlihat.

Meskipun tutorial ini hanya tentang dasar2 belajar menjahit dengan tangan, Anda bisa membuat banyak hal walau menjahitnya dengan tangan. Bisa menjahit boneka binatang sederhana, bantal sederhana, dan bahkan kostum. Menjahit dengan tangan meski membutuhkan waktu lebih lama untuk dilakukan namun berguna bagi siapa saja yang tidak memiliki atau bisa menggunakan mesin jahit.

Jadi itulah akhir dari tutorial saya dan mudah-mudahan tutorial ini telah membantu Anda untuk membuat sesuatu walau menjahit dengan tangan.

No comments:

Post a Comment